Kambing Congek Gus Dur

Gus Dur diberitahu oleh seorang ajudan bahwa di luar istana telah berkumpul sekelompok massa garis keras yg berdemo menuntut pembubaran Ahmadiyah.

Ajudan tsb juga menginformasikan bahwa para demonstran membawa ayam betina sebagai simbol berikut sindiran atas kepengecutan Gus Dur yg enggan membubarkan aliran yg mereka anggap sesat.

Gus Dur berjalan keluar istana dan menemui para demonstran sambil bertanya:
"Mengapa kamu berdemo sambil membawa kambing kemari?
Apakah kamu pikir saya seperti kambing congek?
Yg bodoh dan mudah dikendalikan oleh orang lain?
Atau apakah kamu pikir bahwa saya adalah orang yg mudah diadu domba?
Yg brutal dan gampang nyeruduk? Saya pikir, saya tidak memiliki sifat2 seperti itu.
Lain kali kalau demo, bawalah simbol yg pas."

Seorang demostran berteriak: "Dasar buta! Yg kami bawa AYAM bukan KAMBING!"

Gus Dur menjawab: "Saya sedang bertanya sama AYAM, kenapa yg nyautin KAMBING?"

Related Posts



No comments:

Popular Posts