Mengenal 9 Type Wanita JAWA Ideal

Sahabatku sekalian... berikut ini saya perkenalkan 9 type wanita JAWA ideal yg saya kutip dari buku kuno Kamasutra JAWA. Tentu maksud saya disini, hanya ingin sharing sedikit pengetahuan saya tentang ilmu Kejawen. Silakan kalian simak dan semoga ini bisa menjadi tolok ukur bagi para lelaki yg sedang mencari calon istri dan tentu saja juga sebagai bahan introspeksi diri bagi para istri dan para calon istri.

Baiklah... mari kita simak baik-baik.
Inilah 9 type wanita JAWA ideal menurut buku Kamasutra JAWA :

1. Kusuma Wicitra
Diibaratkan seperti bunga mekar yg sangat mempesona, yg siap untuk dipetik.
Wanita yg ideal sebaiknya mempersiapkan dirinya dengan ilmu pengetahuan dan agama, mengharumkan dirinya dengan perbuatan baik, menjaga kehormatan dan kesucian dirinya.

2. Padma Sari
Diibaratkan seperti bunga teratai yg sedang mekar di kolam.
Bunga teratai dalam budaya Jawa merupakan simbol kemesraan, sehingga yg dimaksudkan dengan wanita ideal dalam konsep ini adalah wanita cantik yg penuh kasih mesra hanya bila bersama dengan suaminya.

3. Sri Pagulingan
Diibaratkan seperti cahaya yg sangat indah di peraduan/singgasana raja.
Wanita yg ideal sebaiknya tidak hanya cantik jasmaninya, namun juga dapat mempersembahkan dan menunjukkan kecantikannya hanya kepada suaminya ketika berolah asmara di peraduan.

4. Sri Tumurun
Diibaratkan seperti bidadari Nirwana yg turun ke dunia.
Wanita yg ideal sebaiknya cantik raga dan jiwanya. Ini dibuktikan dengan kesediannya untuk "turun", berinteraksi dengan rakyat jelata, kaum yg terpinggirkan untuk menebarkan cahaya cinta dan berbagi kasih.

5. Sesotya Sinangling
Diibaratkan seperti intan yg amat indah, berkilauan.
Wanita yg ideal sebaiknya selalu dapat menjadi perhiasan hanya bagi suaminya, sehingga dapat memperindah dan mencerahkan hidup dan masa depan suaminya, juga keluarganya.

6. Traju Mas
Diibaratkan seperti alat untuk menimbang emas.
Ini merupakan simbol wanita setia yg selalu dapat memberikan saran, pertimbangan, nasihat, demi terciptanya keluarga yg sakinah.

7. Gedhong Kencana
Diibaratkan seperti gedung atau rumah yg terbuat dari emas, dan berhiaskan emas.
Ini merupakan simbol wanita yg berhati teduh dan berjiwa teguh sehingga dapat memberikan kehangatan dan kedamaian bagi suami dan keluarganya.

8. Sawur Sari
Diibaratkan seperti bunga yg harum semerbak.
Wanita yg ideal sebaiknya dikenal karena kebaikan hatinya, keluhuran budi pekertinya, kehalusan perasaannya, keluasan ilmunya, kemuliaan akhlaknya. Kecantikan fisik dan kekayaan harta yg dimiliki wanita hanya sebagai pelengkap, bukan syarat mutlak menjadi seorang wanita ideal.

9. Pandhan Kanginan
Diibaratkan seperti pandhan wangi yg tertiup angin.
Ini merupakan simbol wanita yg amat menggairahkan, menawan, dan memikat hati. Dapat dilukiskan sebagai, tinggi semampai, berparas cantik, berkulit kuning langsat, berbibir merah alami, berpayudara indah, murah senyum, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus serta dapat memberikan keturunan.

10.  Manut
Menurut kalau di poligami dan di bully (manut di poligami lan di bully).

Yup itulah tadi 10 type wanita JAWA yg sangat ideal dan sesuai dengan kriteria para pencari istri.


Related Posts



No comments:

Popular Posts